BLOGGER TEMPLATES AND Tagged Layouts »

Sabtu, 24 April 2010

khasiat daun sirih



Daun sirih (Piper betle)


Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

  • · Kegunaannya antara lain:

Mimisan

Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

Diare


Ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh.


Sariawan


Daun sirih segar sebanyak satu sampai dua lembar dibersihkan, dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang.


Bronchitis


Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.


Jerawat


Tujuh sampai 10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Airnya dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat. Sehari dilakukan dua sampai tiga kali.

Keputihan


Ambil 7 - 10 lembar daun sirih. Daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.


Sakit gigi


Daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut. Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh. Atau, ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya. Bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin gunakan untuk berkumur.


Bau mulut


sebanyak dua sampai empat lembar daun diremas, lalu diseduh, dipakai untuk kumur




http://id.wikipedia.org/wiki/Sirih
http://kumpulantipspilihan.blogspot.com/2008/10/manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan.html
http://rizki8473.multiply.com/journal/item/14


1 komentar:

Rahma Ardiana mengatakan...

gw dh nyoba tuk nglangin jerawat n hasilnya kulit muka jd bersih..
ooiia tp dpake'a rutin 2x sehari..
key